Cara Menggunakan Internet Secara Positif

Pastikan nantinya jika presensi anda di dalam dunia internet dapat bermanfaat bagi sekitar dengan cara membaca tips untuk berinternet secara positif. Meskipun terhitung telat dalam berpartisipasi dalam euforia berinternet, tidak masalah untuk mengejar ketinggalan tersebut dalam sebuah teknologi yang viral. Dalam satu dekade terakhir internet sendiri memang telah menjadi salah satu dari bagian besar yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat, bahkan terkadang internet juga menjadi momok yang tak terelakkan.

Menurut data yang juga telah dilansir oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet yang ada di Indonesia atau yang kerap kali disebut dengan APJII, para pengguna internet di Indonesia pada bulan Februari 2016 telah mencapai angka pemakai yaitu sebesar 88,1 juta pemakai. Demografi juga terbukti lewat adanya fakta yang menyatakan bahwa Indonesia memang merupakan rumah bagi populasi Internet tertinggi dibandingkan dengan negara lainnya seperti Singapura, Malaysia, Australia, dan New Zealand.

Cara Menggunakan Internet Secara Positif

Internet pun menjadi sebuah sarana yang telah digunakan untuk bermacam-macam kepentingan seperti kebutuhan edukasi, pencarian informasi agen sbobet terpercaya  atau bahkan sebagai sarana untuk bersenang-senang melalui wadah media sosial. Media sosial sekarang ini sudah secara tidak langsung menjadi kebutuhan disamping kebutuhan primer, tersier, dan juga sekunder. Dalam media sosial sendiri, publik nantinya dapat mencari informasi lintas budaya dan tentunya dengan internet semua orang bisa mendapatkan informasi dalam waktu singkat.

Di samping banyak manfaat positif yang ada, seiring juga dengan berjalannya waktu keberadaan internet pun biasanya kerap kali disalahgunakan dan juga kerap kali dimanfaatkan untuk sebuah keperluan yang tidak seharusnya, sehingga internet memberi dampak negatif dalam penggunaanya. Namun, hal tersebut tentunya dapat dicegah dengan kontribusi dan juga dengan partisipasi yang lebih aktif dan sehat dari para penggunanya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjadi seorang pengguna internet atau kerap kali disebut dengan netizen yang baik dan pintar.

Buka Website Produktif yang Bermanfaat

Perkaya pengetahuan Anda dengan berbagai macam hal positif yang terdapat di dalam internet. Ikuti beberapa akun-akun yang memang menyajikan sebuah konten yang bermanfaat. Serta anda juga dapat unduh aplikasi dan membuka sebuah website dengan beberapa konten menarik yang nantinya akan dapat menambah kualitas diri Anda. Contohnya seperti akun aplikasi olahraga yang nantinya dapat Anda ikuti dengan cara yang cukup mudah di rumah, atau website yang berisikan tentang cara-cara membuat barang sendiri DIY

Jangan Percayai Semua Yang Di internet

Sifat internet yang viral juga mudah menyebar tanpa adanya batasan dan kontrol, bisa menjadi sebuah bumerang nantinya bagi para pembaca maupun juga para penyebar informasi itu sendiri. Tidak semua yang ada di Internet dapat dijamin kredibilitasnya. Jadilah pengguna internet yang pintar dengan cara menyerap informasi yang memang sekiranya sudah benar serta mempunyai sebuah sumber yang jelas.

Jangan Sebarkan Informasi Menyesatkan

Adalah sebuah hal yang baik untuk dapat menyebar informasi yang patut disebarkan ke ranah publik. Namun, pastikan jika Anda nantinya juga melakukan pengecekan terlebih dahulu tentang berita tersebut sebelum anda menyebarkannya ke pihak lain. Jangan sampai informasi yang anda sebar merupakan sebuah berita yang menyesatkan dan masih dipertanyakan kebenarannya.

Pahami Etika Berinternet

Sama seperti halnya sebuah kehidupan sesungguhnya, etika pun juga menjadi sebuah hal yang diperlukan dalam menggunakan internet. Seperti peribahasa “Mulutmu Harimaumu” mempunyai sebuah andil yang cukup besar dalam hal ini. Berhati-hatilah di internet dalam memberikan sebuah komentar pada setiap post maupun juga dalam mencantumkan tulisan pada unggahan di media sosial anda.

Karena hal tersebut nantinya bisa saja menjadi bumerang untuk Anda. Begitu pula dengan foto ataupun dengan video yang nantinya akan Anda unggah. Pastikan jika postingan anda nantinya tidak mengandung unsur SARA, diskriminatif, atau mengandung unsur pornografi dalam setiap unggahan. Pikirkan juga efek jangan panjang yang akan terjadi setelah mengunggah konten anda tersebut.

Berhati-hatilah Dengan Akun anda

Berhati-hatilah dalam mengelola akun pribadi milik Anda. Jangan lupa untuk menekan tombol log out ketika anda sudah selesai mengakses akun anda dari perangkat digital yang memang bukan kepunyaan Anda. Meminimalisir hal tersebut agar nantinya anda dapat terhindar dari penjahat cyber yang dapat mengakses akun anda kapan saja, untuk kemudian dibajak atau akun anda dipergunakan untuk hal-hal yang tidak baik dan merugikan.

Perhatikan Sumber Sebelum Menyebar Informasi

Jika nantinya bisa, cantumkan juga akreditasi atau sebuah kredit dalam berita yang memang nantinya akan anda unggah ulang di media sosial atau di akun anda. Selain merupakan wujud dari sebuah apresiasi terhadap sang penulis berita secara orisinal, kredibilitas dari unggahan Anda juga nantinya akan lebih terjamin di hadapan publik.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Menggunakan internet memang menjadi sebuah hal yang tidak memiliki batas, namun anda juga harus memberi batasan pada diri anda sendiri. Sesuaikan juga penggunaan internet anda dengan kebutuhan anda, dan jangan sampai nantinya anda berlebihan. Anda nantinya bisa menggunakan internet sebagai gudang buku dalam bentuk digital dan sebagai sebuah cara untuk mendapatkan sebuah informasi mengenai ilmu pengetahuan yang lebih luas dan tidak terbatas. Atau jika memang anda adalah seorang pebisnis dimana internet menjadi sebuah wadah yang tepat untuk anda berkomunikasi dan mempromosikan bisnisnya.

Jangan Membicarakan Orang Lain

Jangan anda membicarakan orang atau pihak lain, apalagi anda nantinya menyebar hal yang buruk tentang seseorang. Maka berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail juga memiliki fasilitas bernama “Forward”, yang nantinya dapat mengizinkan si penerima meneruskannya ke (forward) orang lain. Membicarakan hal buruk di internet tentunya akan dapat membuat anda terkena masalah.

Tidak Sembarangan Berteman

Siapa yang tidak senang ketika mendapatkan ajakan pertemanan di sosial media? Sebagai salah satu bentuk dari eksistensi di dunia maya, siswa-siswi pasti akan sangat senang dan akan langsung menerimanya. Namun, Anda sebagai orang yang memang sudah mengerti dapat memberikan saran agar siswa bisa membiasakan diri untuk mengecek profil teman baru mereka tersebut. Hal ini penting sekali, karena banyak orang yang malah berpura-pura menjadi orang lain, dengan niat yang tidak baik.

Adanya Jejak Digital

Anda juga harus tahu mengenai jejak digital, yang diunggah di internet baik berupa foto, teks ataupun video nantinya akan tetap ada jejak digitalnya atau sulit untuk dapat dihapus. Hal ini harus anda tahu agar anda lebih berhati-hati ketika nantinya ingin mengunggah konten.

Jejak digital bisa menunjukkan sebuah identitas, keterampilan, dan juga minat. Hal ini penting dalam era ini, dimana setiap perusahaan biasanya akan mencari nama para pelamar, untuk memeriksa identitas mereka dan kemudian memverifikasinya sesuai dengan data.

Demikian itulah beberapa cara positif yang dapat anda praktekan dalam menggunakan internet. Sama halnya kehidupan di dunia nyata, dalam menggunakan internet ada juga etika yang harus anda lakukan. Semoga informasi ini dapat berguna bagi kita semua. Terima Kasih.

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa